header-unand

Profil

E-mail Cetak PDF

Pusat Bahasa Universitas Andalas didirikan  pada tahun 1994 atas kerjasama Universitas Andalas dengan The British Council. Bentuk kerjasama dengan The British Council antara lain; bantuan tenaga native speaker speakers dalam pengajaran Bahasa Inggris, mendirikan pustaka berkaitan dengan pengadaan buku-buku pengajaran bahasa Inggris, pengiriman beberapa staf Pusat Bahasa ke Inggris untuk memperdalam English Language Teaching di bidang: Teaching Methodology, Material Selection and Development and English  for Specific Purposes.

Pusat Bahasa Unand telah berpengalaman dalam pelayanan Pelatihan Bahasa Inggris baik di lingkungan Universitas Andalas , instansi pemerintah serta swasta lainnya. Beberapa di antaranya IAIN, STSI Padang Panjang, Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Dinas Perindustrian, BNI, Sumatera Tropical Spices, Pramindo Ikat Nusantara, dan sebagainnya.

Pusat Bahasa Unand juga menyelenggarakan  pelatihan intensif (pre-departure training) yang dirancang khusus  untuk melayani para dosen yang akan dikirim ke luar negeri untuk melanjutkan studi, mengikuti short course, dan seminar internasional.

Setiap tahun sejak tahun 2005 Pusat Bahasa Unand ditunjuk sebagai tim panelis regional untuk seleksi mahasiswa  penerima beasiswa IELSP (Indonesia English Language Program) mengikuti kursus intensif bahasa Inggris dan belajar budaya Amerika selama 8 (delapan) minggu. Mereka ditempatkan di universitas ternama di Amerika Serikat. Hal ini terlaksana atas kerjasama Pusat Bahasa dengan The Indonesian International Education Foundation (IIEF).

Pusat Bahasa juga menyelenggarakan beberapa tes berstandar international, seperti TOIEC® dan TOEFL® ITP, dan TOEFL®IBT bekerjasama dengan perwakilan  ETS (English Testing Service) New Jersey, di Jakarta.

Disamping itu Pusat Bahasa melaksanakan juga program pengajaran Bahasa asing lainnya seperti Perancis, Jerman, Bahasa Arab, Mandarin dan Jepang serta pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing. Dalam hal ini Pusat Bahasa bekerjasama dengan Kedutaan dan Atase Pendidikan Asing di Indonesia  serta beberapa lembaga dan perguruan tinggi di Inggris, Perancis, Amerika, Australia dan Arab.

 

Sub Menu