header-unand

Pengabdian Masyarakat UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas 2016

IMG_8302Dalam rangka menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 12 November 2016 yang lalu di SMA Negeri 1 Sawahlunto.Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan rutin Pusat Bahasa sejak dua tahun terakhir dimana melibatkan seluruh staf dan Instruktur UPT Pusat Bahasa.

Tema yang diangkat pada Pengabdian Masyarakat kali ini yaitu “Expressing Happiness in Learning English”.

Tema ini dipilih dalam rangka membuat para siswa dari SMAN 1 Sawahlunto mampu dan berani menampilkan kemampuan Bahasa Inggris mereka dengan keceriaan dalam berekspresi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Panitia yang bertugas guna mensukseskan kegiatan ini merupakan para staf dan instruktur dari Pusat Bahasa sendiri. Panitia merancang dua jenis sub tema kegiatan yaitu “English Club Activity for Students” yang ditujukan kepada para siswa dan “Integrating internet, Social Media and Mobile Phones in EFL Classroom’’ bagi para guru.IMG_8435

Pada sub tema kegiatan “English Club Activity for Students” terdapat beberapa jenis kegiatan dimana para siswa dibagi menjadi beberapa kelas, seperti CV class, MC class, Story Telling class, News Reader class, Debate class, Fun Writing class, Crafting class, dan Poster Presentation class yang dihandle oleh beberapa instruktur pada tiap-tiap kelasnya.

Sementara untuk sub tema kegiatan “Integrating internet, Social Media and Mobile Phones in EFL Classroom’’ bagi para guru hanya terdapat satu kegiatan saja yaitu English on Technology dalam bentuk workshop oleh Ms. Fay Farley dan beberapa orang instruktur.

IMG_8429Secara umum, acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Selanjutnya panitia dan peserta melaksanakan ISHOMA hingga pukul 13.30. Kemudian sesi kedua acara dimulai lebih kurang pada pukul 13.45 WIB di ruang Aula pertemuan sekolah.

Pada sesi kedua ini, acara dimulai dengan kata sambutan yang diberikan oleh Kepala sekolah SMAN 1 Sawahlunto, Ibu Sri Winarti, M.Pd. yang dilanjutkan oleh Ibu Wulan Fauzanna, M.EIL kepala UPT Pusat Bahasa, sepatah dua patah kata dari Ms. Siska Amelia Maldin, S.Pd. sebagai Ketua Pelaksana, lalu pembacaan ayat suci Al Qur’an dari salah seorang  perwakilan siswa, dan ditutup dengan doa oleh Mr. Yalmiadi, M.Pd mewakili rekan-rekan instruktur yang lain.

Selanjutnya, masing-masing instruktur langsung mendampingi tiap-tiap kelas yang mereka handle. Kemudian panitia meminta perwakilan tiap-tiap kelas tersebut untuk menampilkan yel-yel terbaik mereka yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

Masing-masing kelas berusaha maksimal memberikan penampilan terbaiknya dengan diringi semangat yang terus diberikan oleh masing-masing instruktur pembimbing.

IMG_8760

Tepat pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan penampilan beberapa siswa dari debate class dalam menunjukkan kemampuan mereka berdebat dalam bahasa Inggris.

Secara keseluruhan, acara berlangsung lancar dari awal hingga akhir dan ditutup dengan pemberian hadiah kepada para peserta yang menunjukan performa terbaik selama berlangsungnya kegiatan di masing-masing kelas.

  

Pusat Bahasa