header-unand

Pengabdian Masyarakat UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas 2016

IMG_8302Dalam rangka menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 12 November 2016 yang lalu di SMA Negeri 1 Sawahlunto.Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan rutin Pusat Bahasa sejak dua tahun terakhir dimana melibatkan seluruh staf dan Instruktur UPT Pusat Bahasa.

Tema yang diangkat pada Pengabdian Masyarakat kali ini yaitu “Expressing Happiness in Learning English”.

Tema ini dipilih dalam rangka membuat para siswa dari SMAN 1 Sawahlunto mampu dan berani menampilkan kemampuan Bahasa Inggris mereka dengan keceriaan dalam berekspresi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Panitia yang bertugas guna mensukseskan kegiatan ini merupakan para staf dan instruktur dari Pusat Bahasa sendiri. Panitia merancang dua jenis sub tema kegiatan yaitu “English Club Activity for Students” yang ditujukan kepada para siswa dan “Integrating internet, Social Media and Mobile Phones in EFL Classroom’’ bagi para guru.IMG_8435

Pada sub tema kegiatan “English Club Activity for Students” terdapat beberapa jenis kegiatan dimana para siswa dibagi menjadi beberapa kelas, seperti CV class, MC class, Story Telling class, News Reader class, Debate class, Fun Writing class, Crafting class, dan Poster Presentation class yang dihandle oleh beberapa instruktur pada tiap-tiap kelasnya.

Sementara untuk sub tema kegiatan “Integrating internet, Social Media and Mobile Phones in EFL Classroom’’ bagi para guru hanya terdapat satu kegiatan saja yaitu English on Technology dalam bentuk workshop oleh Ms. Fay Farley dan beberapa orang instruktur.

IMG_8429Secara umum, acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Selanjutnya panitia dan peserta melaksanakan ISHOMA hingga pukul 13.30. Kemudian sesi kedua acara dimulai lebih kurang pada pukul 13.45 WIB di ruang Aula pertemuan sekolah.

Pada sesi kedua ini, acara dimulai dengan kata sambutan yang diberikan oleh Kepala sekolah SMAN 1 Sawahlunto, Ibu Sri Winarti, M.Pd. yang dilanjutkan oleh Ibu Wulan Fauzanna, M.EIL kepala UPT Pusat Bahasa, sepatah dua patah kata dari Ms. Siska Amelia Maldin, S.Pd. sebagai Ketua Pelaksana, lalu pembacaan ayat suci Al Qur’an dari salah seorang  perwakilan siswa, dan ditutup dengan doa oleh Mr. Yalmiadi, M.Pd mewakili rekan-rekan instruktur yang lain.

Selanjutnya, masing-masing instruktur langsung mendampingi tiap-tiap kelas yang mereka handle. Kemudian panitia meminta perwakilan tiap-tiap kelas tersebut untuk menampilkan yel-yel terbaik mereka yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

Masing-masing kelas berusaha maksimal memberikan penampilan terbaiknya dengan diringi semangat yang terus diberikan oleh masing-masing instruktur pembimbing.

IMG_8760

Tepat pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan penampilan beberapa siswa dari debate class dalam menunjukkan kemampuan mereka berdebat dalam bahasa Inggris.

Secara keseluruhan, acara berlangsung lancar dari awal hingga akhir dan ditutup dengan pemberian hadiah kepada para peserta yang menunjukan performa terbaik selama berlangsungnya kegiatan di masing-masing kelas.

  

Pusat Bahasa

 

Instruktur Terbaik UPT Pusat Bahasa Tahun 2016

Setiap tahun, UPT Pusat Bahasa senantiasa memberikan beberapa penghargaan kepada staf pengajarnya. Hal ini dilakukan dalam rangka apresiasi terhadap kerja keras dan sumbangsih yang telah diberikan oleh para staf pengajar tersebut di Pusat Bahasa. Untuk tahun 2016, berikut ini adalah nama-nama para staf pengajar atau Instruktur terbaik yang terpilih dengan kategori masing-masing:

Kategori Instruktur Pelatihan TOEFL Preparation terbaik tahun 2016 diraih oleh: Siska Amelia Maldin, S.Pd. Beliau merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang pada tahun 2012. Saat ini, selain mengajar, Instruktur Bahasa Inggris yang mempunyai suara emas dalam bernyanyi ini disibukkan dengan menyelesaikan pendidikan S2-nya di Universitas Negeri Padang. Ms. Siska memenangkan penghargaan Instruktur Pelatihan TOEFL Preparation terbaik tahun 2016 berdasarkan penilaian pada angket yang disebarkan ke para peserta pelatihan di UPT Pusat Bahasa.

 IMG_9326

Kategori Instruktur Pelatihan English Conversation Terbaik tahun 2016 diraih oleh : Ms. Yoffie Kharisma Dewi, SS, M.Hum. Ms Yoffie atau Ms. ‘Fie’ adalah lulusan S1 Sastra Inggris Universitas Andalas. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 tersebut pada tahun 2011 dengan predikat “dengan pujian”. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan S2 nya di kampus yang sama dan berhasil lulus pada tahun 2013 juga dengan predikat lulus “dengan pujian”. Ms Yoffie berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori ini juga berdasarkan penilaian pada angket yang disebar ke setiap peserta pelatihan di Pusat Bahasa. Sejak tahun 2013, Ms Yoffie tercatat sebagai salah satu staf pengajar aktif di UPT Pusat Bahasa hingga sekarang.

FB_IMG_1483084303147

 

Kategori Instruktur Pelatihan General English Terbaik tahun 2016 diraih oleh: Ms. Diah Savitri, S.Pd. Penghargaan untuk kategori ini juga berhasil diraih oleh Ms. Didi, biasa beliau dipanggil, berdasarkan penilaian pada angket yang disebar ke setiap peserta pelatihan di UPT Pusat Bahasa. Ms. Didi adalah alumni S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Beliau menamatkan studi S1 Pendidikan Bahasa Inggrisnya di kampus tersebut pada tahun 2010. Pada tahun 2012, Ms. Didi melanjutkan studinya ke jenjang S2 di Universitas Negeri Padang. Sejak tahun 2013, Ms. Didi juga tercatat sebagai salah satu staf pengajar aktif di UPT Pusat Bahasa hingga saat ini.
IMG_9229

 

UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas mengucapkan Selamat kepada ketiga Instruktur Terbaik UPT Pusat Bahasa untuk tahun 2016. Semoga bisa dapat terus meningkatkan kinerjanya sekaligus menjadi motivasi bagi Instruktur Pusat Bahasa lainnya.

 

Pusat Bahasa

 

POST TEST UNAND-DEAKIN BATCH 4 DAN PLACEMENT TEST UNAND-DEAKIN BATCH 5

Kegiatan Unand-Deakin Pre Departure Training batch 4 telah memasuki minggu terakhir pada tanggal 20 Oktober 2016 lalu. Pelatihan ini telah dilaksanakan lebih kurang selama 10 (sepuluh) minggu sejak bulan Agustus hingga bulan Oktober 2016. Pada hari terakhir pelaksanaan pelatihan telah dilaksanakan Post Test yaitu pada hari Sabtu tanggal 5 November 2016._MG_8266

 

Tes ini dilaksanakan sebagai tes terakhir bagi para peserta yang mengikuti Pelatihan yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun di Pusat Bahasa ini. Post Tes diikuti oleh peserta sebanyak 13 peserta. Kegiatan Post test ini dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 3 Pusat Bahasa dari pukul 10.30 WIB s/d pukul 15.00 WIB. Test terdiri dari 2 (dua) tahapan, Writing dan Speaking yang dihandle langsung oleh Ms. Angela Moran dari Deakin University.

_MG_8260Test berjalan dangan lancar dan bagi para peserta yang lulus dari Post Test ini akan mendapatkan Unconditional Letter of Aceptance/Offer (LoA/O) dari Deakin University yang dapat digunakan untuk melamar Beasiswa dari berbagai sumber termasuk dari Ditjen Dikti Kemenristek. 

Sementara itu, di hari yang sama, tanggal 5 November 2016 tersebut Pusat Bahasa juga mengadakan Placement Tes bagi calon peserta Unand-Deakin Pre Departure Training batch 5 untuk bulan Februari tahun 2017.

_MG_8254Tes diikuti peserta sebanyak 30 orang dari 46 peserta yang mendaftar. Tes dilaksanakan di ruang Seminar lantai 3, Gedung UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas. Adapun jenis tes dalam Placement Test ini adalah Writing Test mengenai argumentative essay yang dimulai pada pukul 08.30 s/d 10.30 WIB dengan Ms Angela Moran dari Deakin University.

 

 

Pusat Bahasa

 

TES TOEFL MAHASISWA BARU UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS TA 2016/2017

Dalam rangka mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa barunya, khusunya dalam hal tes TOEFL, Universitas Dharma Andalas (UNIDHA) bekerja sama dengan UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas dalam melaksanakan tes TOEFL bagi mahasiswanya barunya tersebut.

Tes TOEFL Mahasiswa Baru Universitas Dharma Andalas kali ini diselenggarakan bagiIMG_1604 mahasiswa baru Tahun Ajaran 2016/2017.

 

 

Tes tersebut telah selesai dilaksanakan di UPT Pusat Bahasa UNAND yang berlangsung selama 1 hari, pada tanggal 22 Oktober 2016 lalu.

Tes dilakukan dalam satu sesi di pagi hari, tepatnya pada pukul 08.30 hingga pukul 11.00 WIB.

Adapun jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti tes ini yaitu sejumlah 423 orang mahasiswa. Secara keseluruhan, tes berlangsung dengan sangat baik dan lancar.

IMG_1605

 

Para peserta menunjukkan antusias mereka dalam mengikuti tes, para panitia dan pengawass juga terlihat kompak dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

 

UPT Pusat Bahasa Unand selaku pelaksana tes sangat mendukung kerjasama ini dalam rangka mengukur kemampuan masing-masing mahasiswa baru dari UNIDHA guna mengetahui kemampuan bahasa Inggris mereka sebagai persiapan menghadapi tantangan global di masa yang akan datang.

Pusat Bahasa Unand

 

 

Pendaftaran Unand-Deakin: Ph.D Pre-Departure Training Batch 5

Sejak Oktober 2014 Universitas Andalas (UNAND) bekerjasama dengan Deakin University, Australia mendirikan “Unand - Deakin Pre-Departure center for Ph.D”. Center (pusat) tersebut akan memberikan pelatihan bagi dosen/staf yang berminat untuk melanjutkan studi Doktoral ke Deakin University yang mencakup tiga (3) hal, yaitu:

  1. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris ke level minimum IELTS 6.5 atau TOEFL 600;
  2. Peningkatan keterampilan dalam Academic Writing;
  3. Review terhadap rencana riset sehingga memenuhi persyaratan untuk tingkat Doktoral.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 10 minggu. Program pelatihan ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Februari dan bulan Juli. Bagi yang lulus dalam pelatihan ini akan diberikan Unconditional Letter of Acceptance/Offer (LoA/O) yang dapat digunakan untuk melamar Beasiswa dari berbagai sumber termasuk dari Ditjen Dikti Kemdikbud.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Berikutnya > Akhir >>